Rabu, 09 Januari 2013

Angka dan Bilangan

Pikirkan sebuah angka antara 1 sampai 100. Sudah? Simpan angka itu di dalam pikiran Anda. Jangan beritahu siapa pun, hanya Anda yang mengetahuinya.


Mungkin kita semua pernah mendengar seorang pesulap berkata seperti itu. Biasanya diucapkan ketika sang pesulap ingin membaca dan mengungkap angka yang ada di pikiran kita kepada penonton. Mohon maaf saya mengecewakan Anda karena bukan bagaimana trik sulapnya yang akan kita bahas pada artikel ini, tetapi kita akan membahas perkataan pesulap tadi yang berhubungan dengan angka dan bilangan :)




Satu poin penting yang harus kita ingat, angka tidaklah sama dengan bilangan. Sayangnya, banyak orang yang menganggap angka itu sama dengan bilangan, termasuk pesulap kita yang hebat tadi. Angka digunakan untuk melambangkan bilangan, dan bilangan tersusun dari angka, bisa satu atau lebih. Kita bisa bilang angka sama artinya dengan digit. Sebagai contoh,

1 adalah bilangan yang terdiri dari 1 angka
12 adalah bilangan yang terdiri dari 2 angka
123 adalah bilangan yang terdiri dari 3 angka
1234 adalah bilangan yang terdiri dari 4 angka
dan seterusnya …

Sudah mengerti letak perbedaannya? Kita coba satu contoh lagi, 2012. Manakah yang merupakan angka dan manakah yang merupakan bilangan pada 2012?
Anda benar. 2012 terdiri dari 4 angka, yaitu “2″, “0″, “1″, dan “2″. Angka-angka itu digunakan untuk melambangkan bilangan “2012″.

Setelah mengetahui perbedaan angka dan bilangan, sudahkah Anda mengetahui letak kesalahan perkataan pesulap tadi? Ya, ia salah karena menyebutkan “sebuah angka antara 1 sampai 100.” Dari pembahasan kita tadi jelas bahwa angka sama artinya dengan digit dari bilangan. Jadi, angka itu hanya ada 10, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Tidak ada angka 100, yang ada bilangan 100. Jadi seharusnya ia menyebutkan, “pikirkan sebuah bilangan antara 1 sampai 100.”

Setelah Anda membaca pembahasan ini, mari bersama-sama kita buang anggapan bahwa angka sama dengan bilangan. Tegaskan di dalam pikiran Anda bahwa angka tidak sama dengan bilangan.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates